Headlines News :
Home » » Sang Musuh Abadi

Sang Musuh Abadi

Written By Ndek Yar Al-Satirisy on Monday, March 16, 2015 | 1:40 PM



Dia (Iblis) berkata : "Terangkanlah kepadaku inikah orangnya yang engkau mulyakan atas diriku?. Sesungguhnya jika engkau memberi tangguh kepaku sampai hari kiamat, niscaya benar-benar akan aku sesatkan keturunannya, kecuali sebagian kecil". (al-Isra : 62)

Dalam kehidupan sehari-hari kita tentu memiliki perasaan kesal, marah dan benci, bahkan ketika kebencian itu memuncak, timbul perasaan untuk balas dendam kepada orang yang telah menyakiti kita yang kita anggap sebagai musuh.

Sebagai seorang muslim, kita diajarkan sejak kecil untuk memaafkan kesalahan orang yang telah menyakiti kita agar tercipta nya kehidupan yang tentram dan harmonis.

Memaafkan bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan bahkan ini sangat berat. Apalagi bila orang yang menyakiti itu adalah teman dekat kita sendiri atau orang yang kita percayai selama ini. Namun begitulah cobaan hidup...!!!

Sungguh indah rasa nya dunia yang fana ini, bila tidak ada permusuhan antara umat manusia apalagi tidak ada peperangan atau pertumpuhan darah.

Bila kita berbicara tentang permusuhan, kita mungkin lupa bahwa disana ada seorang mahluk yang semenjak dahulu kala telah menempatkan diri nya sebagai musuh bagi umat manusia. Siapakah dia? Dia adalah Iblis Alaihi La’natullah. Namun harus diingat, bahwa mahluk ini bukan dari bangsa manusia atau dalam kata lain, dia adalah mahluk SUPRANATURAL.

Iblis itu bapak nya bangsa jin, atau ia sebangsa malaikat?

Berikut akan sedikit saya jelaskan tentang siapa mahluk terkutuk ini!

Iblis merupakan seorang dari golongan jin, berdasarkan firman tuhan dalam Alquran, Surat Al-Kahfi, Ayat 50:

وإذ قلنا للملائكة اسجدوا لآدم فسجدوا إلا إبليس كان من الجنّ ففسق عن أمر ربّه

Dan (ingatlah) ketika kami berfirman kepada para malaikat: “sujudlah kamu kepada Adam, maka sujudlah mereka kecuali Iblis. Dia adalah dari golongan jin, maka ia mendurhakai perintah tuhan nya.

Lalu kenapa iblis ada dalam golongan malaikat saat tuhan memerintahkan mereka untuk sujud?

Iblis sebelum nya terkenal sebagai seorang yang berilmu dan ahli ibadah oleh sebab itu ia senang berkumpul dengan para malaikat, namun adalah hikmah tuhan untuk menampakkan isi hati Iblis yang sebenarnya, yaitu sifat sombong.

Apa yang menyebabkan Iblis tidak mau sujud kepada nabi Adam As?

Pertanyaan ini telah dijawab sendiri oleh Iblis sebagaimana yang dikisahkan tuhan dalam kitab suci Alquran, Surat Asshad, Ayat 76:

قال أنا خير منه خلقتني من نار وخلقته من طين

Iblis berkata : “Aku lebih baik daripadanya, karena engkau ciptakan aku dari api,  sedangkan dia engkau ciptakan dari tanah”.

Kita tahu bahwa setelah mengutarakan jawaban ini Iblis langsung diusir dari surga dan menjadi mahluk terkutuk.

Nah yang menjadi pertanyaan, apakah sampai sekarang Iblis itu masih hidup?

Ia, dia masih hidup bahkan mempunyai keturunan yang disebut dengan nama Syaitan. Allah Swt berfirman dalam Surat Al-Kahfi, Ayat 50:

أفتتخذونه وذريته أوليآء من دوني وهم لكم عدوّ

“Patutkah kamu mengambil dia (Iblis) dan turunan-turunan nya, sebagai pemimpin selain daripada-ku, sedangkan mereka adalah musuhmu”.

Apakah Iblis juga punya pasangan?

Tentunya ada, sebagaimana nabi Adam punya pasangan, karena tidak mungkin punya keturunan tanpa ada pasangan, dan pasangan nya tentu adalah mahluk sejenis dan sepemikiran dengan nya.

Dan harus juga diketahui bahwa bukan hanya memiliki keturunan, Iblis bahkan memiliki kerajaan besar yang dilengkapi segala kebutuhan nya.

عن جابر رضي الله عنه قال : سمعت النبيّ صلى الله عليه و سلّم يقول : " إن عرش إبليس على البحر، فيبعث سراياه فيفتنون الناس، فأعظمهم عنده منزلة أعظمهم فتنة " . ( رواه مسلم في كتاب صفات المنافقين)

Diriwayatkan dari Jabir bin Abdullah Ra. Ia berkata: “Aku pernah mendengar Rasulullah Saw bersabda: “ Sesungguhnya singgasana Iblis berada diatas laut, ia mengutus tentara-tentaranya untuk menyesatkan manusia, maka (setan) yang pangkatnya paling tinggi disisi iblis adalah yang paling berbahaya bagi manusia. (HR. Muslim).

Diantara sekian banyak keturunan Iblis adakah yang diketahui nama nya?
Ada lima Setan yang diketahui nama nya dan dianggap sebagai pemimpin besar bagi tentara iblis, berikut nama-namanya:

1.  Tsabar

Setan ini bertugas mendatangi orang yang ditimpa musibah atau meninggal dunia salah seorang keluarga atau kerabat nya, maka ia akan membisikkan kata-kata untuk menghujat tuhan, menampar-nampar pipi, atau mengoyak pakaian dan lain-lain nya yang berbentuk protes atau tidak terima atas kehendak Tuhan.

2. Dasim

Setan ini bertugas memisahkan antara sepasang suami-istri atau menebarkan kebencian antara orang-orang yang saling mencintai. Setan inilah yang paling disenangi oleh sang Iblis.

3. A'war

Setan ini bertugas menganjurkan orang untuk berzina, dan berhubungan sesama jenis, maka semua jenis kejelekan dan musibah dari zina disebabkan oleh setan ini dan pembantu-pembantu nya.

4. Maswat

Setan ini bertugas menyebar fitnah dan kebohongan, hingga dia dan anak keturunan nya berani menyamar menjadi manusia untuk menjalankan misi nya.

5. Zalnabour

setan ini dan keturunan nya bertugas mengawasi pasar di seluruh dunia, merekalah dibalik semua penipuan, penimbunan, pertengkaran, dan perselisihan yang terjadi di dunia pasar.

Lalu apakah kita bisa selamat dari gangguan dan godaan Iblis dan pembantu-pembantu nya?

Tentu saja bisa, dengan selalu berlindung dan memohon pertolongan kepada Allah Swt.  seraya berdoa:

رَبّ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ هَمَزَاتِ الشيَّاطِيْنِ، وَ أَعُوْذُ بِكَ رَبِّي أَنْ يَحْضُرُوْن

Wahai tuhan, aku berlindung pada mu dari semua gangguan setan, dan aku berlindung padamu wahai tuhan dari kehadiran mereka.


Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : KMJ Mesir | KMJ Forum | PPMI Mesir
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. VISI - MEDIA KMJ - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Modified © by KMJ MESIR